Badan Amil Zakat Nasional

Sinergi Baznas Kaltim dan Kokam lanjutkan Program Kemanusiaan di Kalimantan Selatan

Admin   25 Mei 2021   0 kali dilihat

 
 
HULU SUNGAI TENGAH, MENARA62.COM – Masih dalam suasana Idul Fitri 1442 Hijiryah, kepedulian dalam bentuk membangkitkan pemulihan atau recoveri warga penyintas (baca: Korban) banjir di Hulu Sungai Tengah dilakukan oleh Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Timur yang menggandeng Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) untuk menyalurkan bantuan program senilai Rp. 70.000.000.
 
Tamam Habibi selaku Komandan Kokam Kaltim mengatakan, “Kepercayaan Baznas menyalurkan bantuan melalui Kokam Kaltim ini kami tindaklanjuti sesuai dengan pengajuan dan persetujuan saat kami audiensi dan pemaparan program di Baznas akhir Ramadan kemarin.”
 
Tiga program prioritas sebagai alokasi anggaran dari BAZNAS Kaltim yang dikerjakan oleh KOKAM meliputi; penerangan rumah warga sebanyak 10 rumah dengan pembangkit tenaga surya (solar Panel) dan layanan psikososial serta bantuan seragam sekolah bagi siswa pelajar SD Negeri Perahu di Jalan Batu Kapur Desa Batu Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
 
Hal diatas dikemukakan pelaksana program Iwan Sulistiya. Lanjutnya, “Program kerjasama dengan BAZNAS ini direncanakan selesai dalam tiga pekan dimulai tanggal 21 Mei 2021 dengan melibatkan 12 relawan dari Kaltim dan beberapa relawan teknis untuk pemasangan penerangan Solar Panel.
Sementara itu seusai khutbah sholat jumat (21/5) salahsatu tokoh masyarakat yang rutin membina masyarakat di Kaki Pegunungan Meratus Prof. Dr. Harpani Matnuh, MH mengatakan, “Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada BAZNAS Kaltim yang menghimpun dana kemanusiaan untuk pemulihan pasca banjir dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk mendapatkan akses penerangan dan lainnya.”
 
Penanggung jawab layanan psikososial, Machnun Uzni melaporkan untuk program saat ini program lebih diarahkan kepada pendampingan individual atau keluarga. Sebelumnya lebih dari tiga bulan pendampingan psikososial dilakukan secara rutin dan bersifat massal.
Pekan kedua kegiatan akan dikirimkan beberapa relawan dengan kapasitas khusus untuk melakukan pendampingan kepada warga.